Minggu, 25 Januari 2009

MGMP BINDO SMP KAB CIANJUR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Menyadari rendahnya mutu pendidikan nasional pada saat ini, kami sebagai guru berusaha untuk tidak berpangku tangan melihat kenyataan tersebut. Kami berusaha sekuat mungkin menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Guru merupakan tiang utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan berarti guru harus profesional. Kegiatan yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme guru di antaranya mengadakan pembinaan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Di dalam MGMP inilah guru bermusyawarah dengan sesama mitra guru untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan.
Kondisi nyata yang terjadi di lapangan pertama kali diketahui oleh guru. Gurulah yang paling mengetahui persoalan yang sebenarnya terjadi. Oleh karena itu, guru sendiri yang harus menyelesaikannya melalui MGMP. Kami menyadari hasil pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dilihat dari hasil Ujian Nasinal. Untuk mengatasi hal ini, cara yang paling tepat adalah bermusyawarah melalui MGMP.
Mengingat kondisi Cianjur dengan geografis yang berbeda dan banyak kendala dalam berkomunikasi antarguru mata pelajaran Bahasa Indonesia, pengalaman dan wawasan yang dimiliki guru pun sangat berbeda. Oleh karena itulah MGMP sangat diperlukan di Kabupaten Cianjur.
Sebagai landasan pelaksanaan MGMP ini antara lain:
1. Landasan ideal dan konstitusional
1.1. Pancasila
1.2. Undang-undang Dasar 1945
2. Landasan Operasional
2.1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (pasal 11 ayat 1 dan pasal 35 ayat 1)
2.2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005
2.3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
2.4. Rencana Strategis Depdiknas
2.5. Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur
2.6. Rencana Strategis Sekolah-sekolah
2.7. Hasil Musyawarah pengurus MGMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tanggal 22 Maret 2007 di SMPN 1 Kabupaten Cianjur.

B. Tujuan.
Pelaksanaan MGMP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pendalaman materi bahasa Indonesia, implementasi metode pembelajaran, pengembangan penilaian, dan pengembangan media pembelajaran. Pendalaman semua ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi guru Bahasa Indonesia.
Untuk mengembangkan profesi guru, maka setiap guru harus menguasai bahan ajar yang relevan dengan kurikulum Standar Isi (KTSP/2006). Selain itu, kepribadian guru pun sangat menentukan keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakannya. Oleh karena itu, MGMP akan meningkatkan kepribadian pesertanya dalam hal Spiritual Quention (SQ), Emotion Quention (EQ), Intelegention Quention (IQ), dan Adventure Quention (AQ).
Hasil dari kegiatan ini akan kami sebarluaskan ke seluruh guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Cianjur, terutama bagi mereka yang tidak langsung mengikuti kegiatan MGMP ini.

C. Sasaran
Yang menjadi sasaran dalam kegiatan MGMP ini adalah:
1. Guru pada MGMP;
2. Guru pada Subrayon-subrayon;
3. Semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Cianjur.

D. Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan MGMP ini adalah:
1. Meningkatnya kompetensi guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Cianjur;
2. Meningkatnya profesionalitas guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Cianjur.
3. Berkembangnya kepribadian guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Cianjur.
4. Menyebarluasnya hasil kegiatan MGMP Bahasa Indonesia ke seluruh SMP yang ada di Kabupaten Cianjur.

E. Manfaat
Manfaat dari kegiatan MGMP ini antara lain:
1. Meningkatkan mutu pembelajaran guru Bahasa Indonesia SMP;
2. Meningkatkan wawasan guru Bahasa Indonesia;
3. Membantu pengembangan karir guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN

Secara garis besar, penyelenggaraan MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia Kabupaten Cianjur pada tahun-tahun kegiatan 2004 sampai dengan 2007 dapat dideskripsikan sebagai berikut:

No. Tahun
Kegiatan
Pokok-pokok Kegiatan
1 2004-2005 1. Pendataan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP sekabupaten Cianjur.
2. Pengkajian Kurikulum 1994 dan Kurikulum Berbasis Komptensi (2004)
3. Pengkajian dan Pengembangan CTL.
4. Penyusunan runtutan materi pembelajaran secara sistematis berdasarkan focus pembelajaran keterampilan berbahasa dan tema kegiatan pembelajaran.
5. Penyusunan kerangka baku perangkat pembelajaran (Silabus dan Rencana Pembelajaran ) serta pokok-pokok evaluasi pembelajaran.
6. Pengkajian Kompetensi Dasar dan Materi Pokok untuk dikembangkan menjadi bahan ajar Bahasa Indonesia di Kabupaten Cianjur.
2 2005-2006 1. Penerapan hasil kajian materi pokok pembelajaran dan aspek-asapek pendukungnya dalam kegiatan pembelajaran formal secara konsisten.
2. Evaluasi bertahap dan berkesinambungan terhadap hasil penerapan materi dan pengembangannya untuk diadakan perbaikan, pengurangan, dan penambahan sesuai dengan kebutuhan.
3. Penyusunan dan pencetakan buku bahan ajar acuan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(2006) yang akan digunakan di seluruh SMP di Kabupaten Cianjur.
4. Penyelenggaraan seminar, workshop, dan semacamnya yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, kebahasaan, kesastraan , serta kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
5. Pengembangan profesi keguruan melalui pelatihan Penelitian Tindakan Kelas serta pelaksanaan seminasi.
3 2006-2007 1. Evaluasi terhadap penerapan sistem pembelajaran yang telah dilaksanakan pada tahun pelajaran 2005/2006 dengan disertai perbaikan-perbaikan.
2. Pengkajian materi dalam penyusunan bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(2006).
3. Pengkajian dan perbaikan perangkat pembelajaran
4. Upaya pengembangan wawasan guru mata pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia melalui pelaksanaan seminar, workshop kebahasaan dan kesastraan.
5. Melaksanakan kerja sama dengan pihak-pihak terkait guna memperluas cakrawala wawasan guru dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.

BAB III
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

A. Jenis Program, Tujuan, dan Kegiatan
1. Strategi kegiatan
Strategi kegiatan yang dilaksanakan pada MGMP mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah menggunakan pola 32 jam dengan pelaksanaan setiap hari Kamis, dalam satu pertemuan 8 jam pembelajaran.
2. Pendekatan dan Teknik
Kegiatan MGMP ini menggunakan pendekatan: andragogi, komunikatif, konseptual, dan praktis operasional. Sedangkan teknik yang digunakan: ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan simulasi.
3. Uraian Kegiatan
Kegiatan MGMP ini meliputi:
2.1. Pengembangan kurikulum/silabus implementatif yang sesuai dengan Standar Kompetensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia;
2.2. Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia;
2.3. Pengembangan metode pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
2.4. Pengembangan media pembelajaran yang sesuai menarik dan menyenangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia;
2.5. Pembuatan alat peraga pembelajaran yang bermutu untuk mata pelajaran bahasa Indonesia;
2.6. Pengembangan profesi dan kinerja guru.
4. Unsur yang Terlibat
Unsur yang terlibat dalam kegiatan MGMP ini adalah:
4.1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
4.2. Kepala Sekolah;
4.3. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
5. Waktu dan Tempat
Kegiatan MGMP ini akan dilaksanakan selama satu bulan empat kali pertemuan setiap hari Kamis di SMPN 3 Cianjur Jalan Pasir Gede Raya Cianjur Telepon 0263-264516 Kode Pos 43216


B. Rencana Anggaran
1. Sumber dana:
1. Dana Pusat(LPMP Jawa Barat) Rp 10.000.000,00
2. Dana dari sekolah Rp 2.000.000,00
J U M L A H Rp 12.000.000,00

2. Pengeluaran

1. Kesekretariatan Rp 1.000.000,00
2. Keperluan ATK Rp 1.000.000,00
3. Konsumsi Peserta 4 X 25 X Rp 25.000,00 Rp 2.500.000,00
4. Penggandaan Perangkat KBM 20X6X20.000,00 Rp 1.000.000,00
5. Pengadaan dan Penulisan Sertifikat Rp 300.000,00
6. Penadatangan Sertifikat, dll Rp 400.000,00
7. Transfortasi Peserta 20X 4 X 50.000 Rp 4.000.000,00
8. Transfortasi narasumber 6 X 100.000 Rp 600.000,00
9. Pembuatan Laporan dan Pemantauan Internal Rp 400.000,00
10. Diseminasi hasil kegiatan Rp 800.000,00
J U M L A H Rp 12.000.000,00


C. Jadwal Kegiatan MGMP

Pertemuan ke-
Hari/Tanggal
Waktu
Uraian Materi
Narasumber


Pertemuan ke-1
Kamis,
5 Juli 2007 08.00 – 09.00 Pembukaan Kadis P dan K Kab Cianjur
09.00 – 10.00 Kebijakan (SOTK) Kadis Kab. Cianjur
10.00 – 10.30 Coffe Break Panitia
10.30 – 12.00 KTSP Ahmad Jamaludin, S.Pd.
12.00 – 12.45 ISHOMA Panitia
12.45 – 13.30 Pretest Dra. Nina Marlina
13.30 – 15.00 Pengembangan Strategi Dra. Tuti S. Susilawati



Pertemuan ke-2 Kamis,
12 Juli 2007 08.00 – 10.00 Silabus dan Bahan Ajar Atmo, S.Pd.
10.00 – 10.30 Coffe Break Panitia
10.30 – 12.00 Pengembangan Metode Yanti Suherna, S.Pd.
12.00 – 12.45 ISHOMA Panitia
12.45 – 13.30 Dinamika Kelompok Ahmad J, S.Pd.
13.30 – 15.00 Penyusunan RPP Kelas 7 Dewi Laeli, S.Pd.

Pertemuan ke-3
Kamis,
19 Juli 2007 08.00 – 10.00 Penyusunan RPP Kelas 8 Dra. Nina Marlina
10.00 – 10.30 Coffe Break Panitia
10.30 – 12.00 Pengembangan Media Ahmad J, S.Pd.
12.00 – 12.45 ISHOMA Panitia
12.45 – 13.30 Dinamika Kelompok Atmo, S.Pd.
13.30 – 15.00 Penyusunan RPP kelas 9 Yanti Suherna, S.Pd.

Pertemuan ke-4 Kamis,
26 Juli 2007 08.00 – 10.00 Pengembangan Profesi Drs. H. Agus Melani
10.00 – 10.30 Coffe Break Panitia
10.30 – 12.00 Kompetensi Personal Drs. H. Djuherman, M.Pd.
12.00 – 12.45 ISHOMA Panitia
12.45 – 13.30 Kompetensi Sosial Drs. H. Djuherman, M.Pd.
13.30 – 15.00 Penutupan Kadis P dan K Kab Cianjur


STRUKTUR KEPENGURUSAN MGMP BAHASA INDONESIA
KABUPATEN CIANJUR PERIODE TAHUN 2004 – 2009

Ketua : Dra. Nina Marlina

Sekretaris : Yanti Suherna, S.Pd.

Bendahara : Dewi Laeli, S.Pd.

Anggota : 1. Atmo, S.Pd.

2. Ahmad Jamaludin Sayuti, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar